Fox Bersedia Membuat Konsesi untuk Memenuhi Persetujuan Tawaran Langit

21st Century Fox Inc., yang berusaha mencari persetujuan pemerintah untuk kesepakatan senilai $ 15 miliar untuk menguasai Sky Plc , siap memberikan konsesi kepada regulator Inggris yang meneliti kesesuaiannya sebagai pemilik media, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Perusahaan film dan televisi tersebut bersedia untuk merundingkan pemulihan jika diperlukan, termasuk perubahan tata kelola perusahaan, meskipun tidak mengharapkan dimintakan perubahan besar, kata orang-orang tersebut, yang meminta untuk tidak diidentifikasi untuk mendiskusikan informasi pribadi. Fox, yang sudah memiliki 39 persen Sky, tidak mempertimbangkan untuk memutar Sky News atau membuat dewan independen, salah satu dari orang-orang mengatakan.

Pengacara yang mewakili orang-orang yang telah mengajukan pelecehan seksual dan tuntutan diskriminasi rasial terhadap Fox telah berada di Inggris minggu ini untuk bertemu dengan regulator Ofcom. Mereka berpendapat bahwa Fox, yang dikendalikan oleh miliarder Rupert Murdoch, tidak memiliki pengawasan yang tepat untuk melindungi karyawan dan seharusnya tidak diizinkan untuk memperluas kepemilikan media.

Investor belum goyah dalam beberapa pekan terakhir dalam taruhan mereka mengenai apakah kesepakatan tersebut berhasil. Saham tetap stabil hanya di bawah 1.000 pence, dibandingkan dengan harga penawaran 1,075 pence. Konsensus di antara investor Sky adalah bahwa kesepakatan tersebut tidak akan diblokir, meskipun ada beberapa ketidakpastian mengenai masalah peraturan, kata analis Credit Suisse dalam sebuah laporan pada 10 Mei.

Ofcom adalah menilai apakah Sky akan terus menjadi “fit and proper” pemegang lisensi penyiaran mengikuti pengambilalihan Fox, standar yang melibatkan meninjau potensi pelanggaran oleh eksekutif. Gagal tes itu akan secara efektif menghalangi kesepakatan.

Tawaran Murdoch sebelumnya untuk Sky ditenggelamkan oleh skandal hacking telepon enam tahun lalu. Fox juga sedang diselidiki oleh jaksa federal di AS apakah investor harus telah diberitahu tentang pembayaran perusahaan dibuat untuk karyawan untuk menyelesaikan tuduhan pelecehan seksual.

Salah satu pengacara penuduh, Lisa Bloom, berbicara pada beberapa investor Sky minggu ini dalam sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh Enders Analysis, perusahaan konsultan media yang berbasis di Inggris yang menyediakan riset industri untuk klien termasuk kelompok investasi.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sekelompok kecil investor media yang mencakup Manajemen HBK Eropa, Pine River Capital dan Pentwater Capital Management. “Tidak ada pertanyaan bahwa apa yang telah terjadi memiliki relevansi,” kata Alice Enders, kepala penelitian di Enders Analysis. “Semua ini membebani tender.”

Beberapa analis telah mempertanyakan apakah Ofcom bisa mengusulkan cara untuk membuat tingkat kemandirian di Sky bahkan jika Fox mengakuisisi perusahaan. Mereka menunjuk pada langkah agensi untuk membentuk tata kelola perusahaan yang independen untuk divisi Openreach BT Group Plc.

Bloom dan Wendy Walsh, yang telah mengajukan tuduhan pelecehan seksual terhadap mantan pembawa acara Fox News Bill O’Reilly, bertemu dengan Ofcom Senin untuk memperdebatkan kesepakatan tersebut untuk diblokir, sementara Douglas Wigdor, seorang pengacara untuk mantan karyawan Fox lainnya, bertemu dengan Ofcom, Kamis. O’Reilly membantah tuduhan tersebut terhadapnya.

“Ini tidak bertanggung jawab atas Ofcom untuk membiarkan tawaran ini selesai,” kata Bloom setelah pertemuan hari Senin.

Fox mengatakan bahwa ini membuat “komitmen yang jelas” untuk menjaga agar tempat kerjanya tetap aman dan bebas dari diskriminasi. “Manajemen perusahaan telah mengambil tindakan tegas dan menentukan untuk menangani laporan pelecehan seksual dan masalah di tempat kerja di Fox News,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ofcom juga menilai kesepakatan tersebut atas dasar kepentingan publik dan akan melaporkan temuannya ke Sekretaris Budaya Inggris, saat ini Karen Bradley, pada tanggal 20 Juni. Sekretaris tersebut akan membuat keputusan akhir mengenai apakah kesepakatan tersebut dapat dilanjutkan.

Ofcom terakhir melakukan penilaian fit dan proper Sky yang ekstensif pada 2012 menyusul skandal hacking telepon di News International, sebuah divisi dari News Corp, yang memiliki sekitar 40 persen Sky. Ofcom membersihkan perusahaan itu, namun mengkritik James Murdoch, sekarang chief executive officer Fox dan ketua Sky, atas tingkah lakunya sebagai kepala News International. Pada saat itu, News Corp mengatakan tuduhan bahwa James Murdoch gagal dalam tugasnya sebagai direktur tidak didukung oleh bukti.