Pengadu Fox News bertemu dengan regulator Inggris mengenai kesepakatan Sky-Fox

Seorang wanita yang menuduh mantan presenter Fox News Bill O’Reilly melakukan pelecehan seksual di Amerika Serikat meminta Inggris pada hari Senin untuk memblokir pemilik Fox, Rupert Murdoch, mengambil alih kendali kelompok TV berbayar Inggris Sky.

Wendy Walsh, mantan tamu reguler di acara TV “The O’Reilly Factor” Fox yang mengajukan tuntutan terhadap O’Reilly bulan lalu, bertemu dengan pejabat di regulator media Inggris, Thecom, Senin, dengan pengacaranya Lisa Bloom, seorang perwakilan mengatakan.

Ofcom menolak berkomentar mengenai kunjungan tersebut.

Pemerintah Inggris telah meminta Ofcom untuk menilai apakah kepentingan publik mengizinkan Murdoch Twenty First Century Fox membeli hampir 61 persen dari Sky yang terdaftar di London yang belum dimilikinya seharga US $ 14,5 miliar.

Kesepakatan itu diselesaikan oleh Komisi Eropa bulan lalu. Namun pengambilalihan tersebut secara politis sensitif di Inggris di mana upaya sebelumnya untuk menguasai Sky pada 2011 digagalkan oleh skandal hacking telepon di salah satu koran Inggris Murdoch, mengungkapkan hubungan dekat antara politisi, polisi dan media.

Sebagai bagian dari penyelidikan baru tersebut, Ofcom memeriksa apakah Fox akan menjadi pemilik Sky yang “sesuai dan tepat”, yang mengkritik tindakannya di bagian lain bisnisnya yang relevan dengan kasus di Inggris.

O’Reilly berpisah dengan Fox bulan lalu setelah perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka telah memberikan “ulasan menyeluruh dan cermat” atas tuduhan pelecehan seksual. Awal bulan ini The New York Times mengatakan bahwa Fox dan O’Reilly membayar lima wanita dengan total US $ 13 juta untuk menyelesaikan klaim pelecehan.

O’Reilly mengatakan dalam sebuah pernyataan pada saat itu bahwa dia telah ditargetkan secara tidak adil karena keunggulan publiknya.

“Manajemen perusahaan telah mengambil tindakan tegas dan menentukan untuk menangani laporan pelecehan seksual dan masalah di tempat kerja di Fox News,” kata juru bicara 21st Century Fox, Senin.

“Tindakan ini telah menyebabkan perombakan struktur kepemimpinan, manajemen dan pelaporan Fox News Channel, dan telah mendorong perubahan mendasar pada talenta on-air dan jalur pemrograman saluran secara langsung.”

Douglas Wigdor, pengacara New York City yang mewakili 20 karyawan Fox News saat ini dan mantan yang menuntut jaringan untuk dugaan bias ras dan seksual, mengatakan pekan lalu bahwa dia telah diundang untuk bertemu dengan pejabat Ofcom pada hari Kamis.

Dalam sebuah surat kepada Ofcom Wigdor mengatakan minggu lalu, Fox telah menunjukkan tata kelola perusahaan yang buruk dengan mengabaikan banyak keluhan tentang diskriminasi dan pelecehan.

(Dilansir oleh Kate Holton di London dan Daniel Wiessner di New York; Editing oleh Greg Mahlich)