Raksasa internet Alibaba membeli South China Morning Post

Raksasa internet Cina Alibaba, Jumat (11 Desember) akan membeli Hong Kong South China Morning Post, berjanji untuk menjaga objektivitas surat kabar dalam menghadapi ketakutan akan kehilangan suara independen.

Akuisisi ini berikut minggu spekulasi atas masa depan surat kabar berbahasa Inggris dan khawatir bahwa itu akan menjadi corong untuk Beijing.

Datang pada saat keprihatinan atas kebebasan pers di Hong Kong tumbuh setelah serangan terhadap wartawan, laporan dari tekanan pada staf editorial dari otoritas dan meningkatkan sensor diri.

“(Alibaba) telah menandatangani perjanjian yang pasti untuk mendapatkan South China Morning Post (SCMP) dan aset media lainnya dari SCMP Group Limited,” kata perusahaan China dalam sebuah pernyataan, tanpa menentukan penjumlahan.

Dikatakan penjualan akan melihat Alibaba menggunakan nya “keahlian digital” untuk memberikan “berita yang komprehensif dan mendalam dan analisis cerita besar di Hong Kong dan China”.

Kertas sekali global terkenal didirikan pada tahun 1903 dan telah lama diberikan pembaca internasional perspektif orang dalam pada Hong Kong dan daratan, tetapi keuntungan dan penjualan dalam beberapa tahun terakhir telah terpukul oleh penurunan industri-lebar.

Kepercayaan pembaca juga telah dicelupkan sebagai kebijakan editorial lebih pro-Beijing tidak begitu saja di sebuah kota yang melihat puluhan ribu turun ke jalan tahun lalu untuk memprotes gangguan daratan.

Dalam sebuah surat kepada pembaca surat kabar menyusul pengumuman penjualan, Alibaba wakil ketua eksekutif Joe Tsai bersumpah dengan SCMP akan “obyektif, akurat dan adil” dan memiliki “keberanian untuk melawan kebijaksanaan konvensional”.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di situs SCMP Tsai menuduh media Barat bias terhadap Cina, mengatakan bahwa Alibaba akan “melihat hal-hal yang berbeda” – sebuah pernyataan mencadangkan kemungkinan keprihatinan kritik ‘.

“Banyak wartawan yang bekerja dengan organisasi-organisasi media barat mungkin tidak setuju dengan sistem pemerintahan di Cina dan taints pandangan mereka tentang cakupan. Kami melihat hal-hal yang berbeda, kami percaya hal harus disajikan seperti mereka,” katanya.

Dia menambahkan bahwa kesepakatan itu juga akan membantu Alibaba mengambil pesan untuk khalayak global. “Kami merasa jika orang memahami Cina lebih baik, mereka akan memahami perusahaan kami lebih baik.”

MENINGKAT KONTROL

Analis politik Willy Lam mengatakan tindakan itu adalah bagian dari dorongan yang lebih besar oleh China untuk mempengaruhi media yang Hong Kong.

“Masyarakat memiliki alasan yang baik untuk menjadi skeptis, hanya karena latar belakang Jack Ma dan kelompok Alibaba,” Lam, dari Universitas Cina Hong Kong Pusat untuk Studi China, kepada AFP.

Lam mengatakan Ma dan perusahaan yang “sangat dekat” dengan kepemimpinan di Beijing.

“Sulit untuk membayangkan ia akan mentolerir artikel penting yang mungkin mencerminkan negatif pada Partai Komunis atau pada sistem politik Cina pada umumnya,” kata Lam, yang mengedit bagian kertas Cina dari tahun 1989 sampai ia dipecat pada tahun 2000.

Dia mengatakan pandangan kritis politik Cina punya dia dipecat.

Hong Kong adalah semi-otonom setelah diserahkan kembali ke Cina oleh Inggris pada tahun 1997 dan mempertahankan kebebasan tak terlihat di daratan.

Namun, ada kekhawatiran bahwa mereka kebebasan sedang terkikis, terutama karena massa protes pro-demokrasi tahun lalu di Hong Kong dan penolakan dari paket reformasi politik China pada bulan Juni – sebuah teguran belum pernah terjadi sebelumnya ke Beijing.

“Ada bukti dari kebijakan pemerintah China baru mencoba untuk meningkatkan kontrol atas Hong Kong melalui meningkatkan kepemilikan Cina daratan media di sini – dua dari empat stasiun TV memiliki pemegang saham utama yang bisnis Cina dan tren ini akan terus berlanjut,” kata Lam.

Ma didirikan Alibaba pada tahun 1999 dan di bawah kepemimpinannya telah menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China, yang beroperasi konsumen ke konsumen platform yang Taobao, yang diperkirakan menyimpan lebih dari 90 persen dari pasar daratan.

Hal ini juga bercabang, membeli ChinaVision Media pada tahun 2014 dan Gambar Alibaba mengubah nama, perusahaan saat ini China terbesar film, yang diproduksi Misi blockbuster tahun ini: Impossible – Rogue Nation.

Taipan media Rupert Murdoch membeli SCMP pada tahun 1987, mengambil itu pribadi.

Pada tahun 1993 Malaysia taipan Robert Kuok Kerry Media membeli saham mayoritas, mendorong pergeseran editorial menuju Beijing.